Kamis, 17 April 2008

TATA PELAYANAN PERESMIAN PERTUNANGAN

© PENDAHULUAN

Saudara-saudara kekasih Tuhan Yesus Kristus

Pada saat ini saudara………………dan saudara…………… akan menyatakan pertunangan dan menghendaki pertunangannya diteguhkan oleh Majelis Jemaat. Saudara-saudara dimohon menjadi saksi atas pertunangan ini dan turut mendoakan mereka.

Dasar dan arti pertunangan

Di dalam Alkitab disebutkan tentang pertunangan, seperti pertunangan Ishak dengan Ribka (Kej. 25:51-67), pertunangan Yusuf dengan Maria (Mat. 1:18; Luk. 1:27). Pertunangan adalah ikatan hubungan cinta kasih yang mendalam antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang mempersiapkan diri untuk membangun keluarga dalam pernikahan.

Tujuan Pertunangan

Pertunangan bertujuan agar masing-masing menguji cinta kasihnya menuju cinta kasih yang murni sebagai dasar perkawinan. Masing-masing supaya saling belajar memahami kepribadian tunangannya, supaya kelak dalam pernikahan bisa saling menerima dan saling melayani.

Kewajiban dalam pertunangan

  1. Menjaga perilakunya dengan menjaga batas-batas hubungan cinta kasihnya dengan memohon bimbingan dan pertolongan Tuhan Allah sehingga tetap terjaga kesucian masing-masing (Ulangan 22:23).
  2. Mengikuti katekisasi persiapan pernikahan, supaya memahami arti dan tujuan serta kewajiban dalam berumah tangga sehingga benar-benar siap menjalani hidup berumah tangga.

Pertanyaan kepada yang bertunangan :

Saudara . . . . . . . . . . . dan saudara . . . . . . . . . . .

Saudara berdua sudah mendengarkan keterangan tentang pertunangan. Sebelum saya meresmikan/meneguhkan pertunangan ini, saudara-saudara saya persilahkan menjawab pertanyaan berikut ini :

  1. Bersediakah saudara menjalani pertunangan dengan menjaga perilaku saudara agar tetap kudus sesuai dengan Firman Tuhan Allah sehingga tidak melanggar perintah-Nya?
  2. Bersediakah saudara-saudara mengikuti katekisasi persiapan pra-nikah?

Bagaimana jawaban saudara . . . . . . . . . . . . . . . . ?

Jawab : Ya, dengan segenap hati . . . . . ?

[ Sekarang saudara-saudara saya persilahkan mengucapkan ikrar pertunangan ]

Ikrar Laki-laki :

“Saya . . . . . , pada hari ini memilih . . . . . . . . menjadi tunanganku, untuk membangun cinta kasih yang murni menuju pernikahan kudus. Semoga Tuhan Yesus Kristus menolong kita”.

IkrarPerempuan :

“Saya . . . . . , pada hari ini memilih . . . . . . . menjadi tunanganku, untuk membangun cinta kasih yang murni menuju pernikahan kudus. Semoga Tuhan Yesus Kristus menolong kita”.

Peneguhan/Peresmian pertunangan

Saudara . . . . . . . . . dan saudara . . . . . . . . . . silahkan berjabat tangan, saya akan meneguhkan pertunangan saudara berdua (memegang tangan yang berjabatan)

“Atas dasar ikrar saudara berdua, saya teguhkan pertunangan ini. Tuhan Allah yang mengaruniakan cinta kasih semoga menolong saudara berdua menyongsong pernikahan suci”. Amin.

Ucapan selamat

Atas nama Majelis Jemaat saya ucapkan selamat kepada saudara berdua dan kepada keluarga.

Kepada pihak keluarga hendaklah turut menjaga anak-anak yang sedang bertunangan agar mereka menjalin pertunangan dengan menjaga perilakunya supaya tidak melanggar perintah Tuhan”.

Doa syukur

Tuhan Allah yang Mahakasih, kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau telah memperkenankan kami melaksanakan acara peresmian tunangan ini. Selanjutnya kami menyerahkan mereka yang bertunangan ke dalam bimbingan-Mu agar dapat menjalani pertunangan dengan baik sesuai kehendak-Mu sampai memasuki pernikahan suci. Kami bersyukur dan mohon berkat dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.”

Catatan:

Bila pertunangan dilaksanakan penyematan cincin pertunangan, maka ikrar pertunangan dengan saling menyematkan cincin pada jari manis tangan kiri.

Tidak ada komentar: