Kamis, 17 April 2008

TATA PELAYANAN EMIRITASI PENDETA


v PENDAHULUAN

Jemaat kekasih Tuhan Yesus Kristus,

Bapak / Ibu Pdt. . . . . . . . . .karena sudah mencapai usia . . . (karena menderita sakit sehingga tidak dapat mejalankan tugasnya), maka berdasarkan keputusan Majelis Jemaat GKSBS . . . . . . tanggal . . . No. . . . . dan keputusan Dana Pensiun Gereja Kristen Jawa (DP-GKJ) tanggal . . . . No. . . . . . , maka Pdt. . . . . . . . dinyatakan memasuki masa emeritus terhitung mulai . . . . . .

Masa Emiritus bukan berarti yang bersangkutan bebas tugas sama sekali, tetapi tidak lagi melayani secara penuh dalam kemajelisan. Jabatan Pendeta adalah jabatan seumur hidup, kecuali sebab tertentu yang menyebabkan jabatan pendetanya ditanggalkan. Karena itu, Pendeta Emiritus masih dapat melaksanakan tugas-tugas kependetaannya atas permintaan Majelis Jemaat-Nya selama yang bersangkutan masih mampu melaksanakannya.

Sekarang saya mengundang Pdt. . . . . . . . yang hendak memasuki masa emiritasi untuk berdiri di depan jemaat.

Pendeta : Agar seluruh anggota jemaat menyaksikan kesungguhan Bapak/Ibu dalam melayani GerejaNya, saya persilakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Apakah saudara memasuki masa emeritus ini dengan hati yang penuh sukacita?

2. Apakah saudara masih bersedia melayani Jemaat di sini, bila diminta oleh Majelis Jemaat?

3. Apabila perilaku, faham dan pengajaran saudara bertentangan dengan Firman Tuhan sehingga menjadi batu sandungan bagi orang lain, bersediakah saudara ditegur dan menerima penggembalaan khusus dari Majelis Jemaat?

Bagaimana jawaban Bapak/Ibu Pdt………………?

Jawab : Ya, dengan segenap hati saya.

v BERKAT :

Sekarang saudara saya persilahkan berlutut, arahkanlah hatimu kepada Tuhan Allah dan jalanilah masa emeritus ini dengan sukacita dan syukur.

Terimalah berkat Tuhan :

“Tuhan Allah Yang Mahakasih, yang telah menganugerahkan jabatan Pendeta kepada saudara, adalah Allah yang setia. KasihNya yang tak berkesudahan akan terus mengalir dalam kehidupan saudar,a dalam menjalani masa emeritus ini”. Amin.

v UCAPAN SELAMAT :

(Pdt. . . . . . . dipersilahkan berdiri menghadap jemaat)

Pdt. Emiritus . . . . ., atas nama Majelis dan seluruh Anggota Jemaat GKSBS . . . . . saya ucapkan terima kasih atas pelayanannya selama ini dan selamat memasuki masa emeritus.

Jemaat GKSBS . . . . . . . yang kekasih sambutlah Pdt. . . . . . . . dengan sukacita. Kasihilah dia pada masa tuanya ini agar dapat menjalani masa emiritusnya dengan sejahtera.

v DOA SYUKUR :

Tuhan Allah Bapa kami yang pemurah dan setiawan. Kami Jemaat-Mu GKSBS . . . . . mengucap syukur kepada-Mu atas berkat yang Engkau berikan kepada kami melalui pimpinan dan pelayanan hamba-Mu Pdt. . . . . . . . . hingga sekarang ini. Kami mohon Bapa senantiasa mengaruniakan sukacita kepada hamba-Mu ini dan keluarganya pada usia tuanya, sehingga dapat menjalani hari-harinya dengan sukacita dan damai sejahtera. Dan tetap menjadi saluran berkat bagi Jemaat maupun masyarakat. Kami alaskan doa kami dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

v Kotbah Pdt Emiritus

Sekarang Pdt. Emiritus . . . . . . . saya persilahkan menyampaikan khotbah dan memimpin kebaktian sampai selesai.

Tidak ada komentar: