Kamis, 17 April 2008

LITURGI PEMAKAMAN

A. DI RUMAH :

1. KATA PEMBUKA

“Sebab rancanganKu bukan rancanganMu, dan jalanmu bukanlah jalanKu. Demikian Firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu, danrancanganKu dari rancanganmu.” Tuhan menyertai ibadah kita sekalian. Amin.

2. KIDUNG PENYEMBAHAN: KJ 202 : 1,4

3. DOA

4. PELAYANAN FIRMAN

5. DOA PENGANTAR JENAZAH

6. KIDUNG PENYERAHAN: KJ 364 : 1,2

B. DI PEMAKAMAN :

a. Pengantar

“Marilah sat ini jenazah almarhum Sdr/I ________________ ini kita serahkan kepada tanah. Pengharapan kita adalah sabda Tuhan Yesus : “orang mati akan mendengar suara Anak Allah dan mereka yang mendengarNya akan hidup’ (Yoh 5:25).

Kita ini lahir seolah-olah pada hari kemarin dan seorangpun dari kita tidak tahu kapan kesudahannya segala hari-hari kita di atas bumi seperti bayang-bayang saja. Hanya Firman Tuhan yang kekal.”

(Peti Jenazah diturunkan)

“Kita letakkan tubuh almarhum Sdr/i ______________ ini dengan sentosa di tempatnya. Tuhan berfirman: “Engkau kembali lagi kepada tanah karena dari situ engkau diambil, sebab engkau debu dan engkau akan kembali kepada debu.”

Akan tetapi Tuhan Yesus yang menjadi sumber kebangkitan akan menghidupkan tubuh orang percaya pada hidup yang kekal. Karena Ia berfirman: “Aku inilah kebangkitan dan hidup, siapa yang percaya kepadaKu, walaupun sudah mati, ia akan hidup” (Yohanes 11:24b)

Segala syukur bagi Allah yang mengaruniakan kepada kita kemenangan dan pengharapan yang begitu besar oleh Tuhan kita Yesus Kristus. Amin”.

(Selanjutnya makam ditutup, dan jika memungkinkan diiringi dengan kidung pengantar penutupan makam)

b. Doa

c. Kidung Penguatan

d. Pengakauan Iman Rasuli

e. Berkat

“Terpujilah Allah Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmatNya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, untuk menerima sautau bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar, dan yang tidak layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu”.

Anugerah Tuhan Yesus Kristus dan kasih Allah Bapa dalam persekutuan Roh Kudus menyertai saudara sekalian. Amin.

Tidak ada komentar: