Kamis, 17 April 2008

TATA CARA PELANTIKAN PENGURUS YAYASAN JEMAAT/KLASIS/SINODE


v PENDAHULUAN

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus,

Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS) . . . . . dalam mewujudkan dan melaksanakan tugas pengutusanNya (Mukadimah Tata Gereja GKSBS butir 5 dan 6) membutuhkan Badan Pembantu sebagaimana dijabarkan lebih lanjut dalam Tata Laksana GKSBS Bab X Pasal 6 ayat 103 dan 104.

Karena Pengurus Yayasan ………………. Masa bakti ……………… telah selesai masa tugasnya, maka berdasarkan Surat Keputusan Pengangkatan Majelis No. ………………………pada hari ini tanggal ………..tahun ………..; dalam kebaktian ini akan dilantik Pengurus Yayasan …………………………………..

I. TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB

Tugas Pengurus Yayasan sebagaimana diatur dalam Tata Laksana GKSBS ayat 103 adalah melaksanakan suatu bidang pelayanan khusus dari Majelis Jemaat / Klasis / Sinode harus mempertanggungjawabkan tugasnya kepada Majelis Jemaat / Klasis / Sinode secara periodik sesuai dengan Anggaran Dasarnya.

II. PERTANYAAN DAN PERNYATAAN JANJI :

P : (Meminta Pengurus Yayasan Jemaat / Klasis/Sinode, yaitu saudara . . . . . .

agar berdiri di depan Jemaat).

Agar anggota jemaat mengetahui kesungguhan hati saudara, saudara diminta untuk menjawab dengan tulus pertanyaan berikut ini:

“Apakah saudara-saudara bersedia dilantik menjadi Pengurus Yayasan . . . . . . . . . . . ?”

Bagaimana jawab saudara : . . . . . . . . . . . . .

J : YA, DENGAN SEGENAP HATI !

P : Syukur kepada Allah. Karena saudara-saudara menyatakannya dengan segenap hati, kini saudara-saudara dipersilakan mengucapkan pernyataan dan janji. Silakan!

J : (Mengucapkan janji)

1. Saya/kami mengakui dipanggil oleh Tuhan sendiri melalui Jemaat/Klasis/ Sinode di sini untuk melaksanakan tugas pelayanan khusus di bidang . . . . . . . . . . . .

2. Saya/kami berjanji untuk melaksanakan tugas pelayanan bagi pembangunan Tubuh Kristus ini dengan penuh sukacita, kesetiaan dan tanggungjawab.

3. Apabila dalam melaksanakan tugas ini ternyata saya/kami melakukan kelalaian, saya/kami bersedia menerima teguran dan nasihat dari Majelis Jemaat/Majelis Pekerja Klasis/Majelis Pekerja Sinode.

III. PELANTIKAN :

P : Jemaat Tuhan Yesus Kristus yang terkasih.

Demikianlah telah nyata bagi kita semua, bahwa saudara-saudara ini menyatakan dan menjanjikan kesanggupannya. Maka dengan ini atas nama Majelis Jemaat/MPK/MPS GKSBS . . . . . . . . . , saya melantik saudara-saudara menjadi Pengurus Yayasan . . . . . . . untuk masa bakti . . . . . . . . . .

P : Terimalah berkat Tuhan menyertai pelayanan saudara-saudara :

Tuhan Yesus Kristus yang telah memanggil saudara-saudara untuk melaksanakan tugas khusus pembangunan jemaat-Nya ini, memberkati dan menyertai saudara-saudara, agar saudara-saudara dapat melaksanakan tugas ini dengan baik. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataanmu, dalam perbuatanmu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu demi kemuliaan Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus”. Amin!

IV. UCAPAN SELAMAT & PENERIMAAN

P : Saudara-saudara Pengurus Yayasan yang dikasihi Tuhan Yesus,

Atas nama segenap Majelis Jemaat/MPK/MPS GKSBS, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas panggilan saudara.

(Pendeta meminta Pengurus Yayasan yang telah dilantik menghadap ke jemaat)

Segenap anggota jemaat kekasih Tuhan Yesus Kristus, inilah Pengurus Yayasan ………. yang baru. Bantu dan dukunglah dengan doa, saran-saran, tenaga maupun dana. Hanya oleh anugerah Tuhan dan dengan dukungan penuh saudara-saudara, Pengurus Yayasan ini akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

V. DOA SYUKUR

Pokok-pokok doa :

1. Kemampuan melaksanakan tugas.

2. Kerjasama antar anggota komisi/panitia dengan Majelis dan anggota jemaat.

3. Perluasan Kerajaan Allah.

VI. PERSEMBAHAN SYUKUR.

Tidak ada komentar: