Kamis, 17 April 2008

TATA PELAYANAN PENGAKUAN DOSA / PERTOBATAN


v PENDAHULUAN

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus,

Sudah diberitakan selama 3 hari Minggu berturut-turut dalam kebaktian Jemaat, bahwa dalam kebaktian hari ini, hari . . . . . tanggal . . . . . akan dilaksanakan pelayanan pengakuan dosa kepada saudara . . . . . . . . . .

Oleh karena hingga saat ini tidak ada keberatan yang sah diajukan kepada Majelis Jemaat, maka saya atas nama Majelis Jemaat GKSBS . . . . . . . . . akan melayankan pengakuan dosa saudara . . . . . .

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus,

Tuhan Allah, Bapa kita, adalah Allah yang Maha Kasih, yang telah mengutus AnakNya yang tunggal, Tuhan Yesus Kristus menjadi Penebus. Ia berkenan memanggil orang berdosa untuk bertobat. FirmanNya : “Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba”.

v PERTANYAAN DAN PERNYATAAN :

Pendeta : (meminta saudara/saudara-saudara yang akan mengaku percaya

untuk berdiri di depan jemaat).

Agar jemaat mengetahui keyakinan dan kesungguhan hati saudara, saudara saya persilahkan menjawab pertanyaan berikut ini :

“Apakah saudara (saudara-saudara) sunggguh-sungguh hendak mengaku dosa dan bertobat di hadapan Tuhan dan JemaatNya dalam kebaktian saat ini?”

Bagaimana jawaban saudara . . . . . . . . . . . . . . ?

Jawab : Ya, dengan segenap hati saya!

Pendeta : Saya persilakan saudara mengucapkan pernyataan dan janji saudara.

Jawab : (mengucapkan pernyataan dan janji)

Di hadapan Tuhan Allah dan JemaatNya di sini, dengan rendah hati dan dengan sepenuh hati saya menyatakan :

1. Saya sungguh-sungguh malu dan menyesali dosa-dosa saya.

2. Saya sungguh-sungguh ingin bertobat dan percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus mengampuni saya.

3. Saya berjanji tidak akan berbuat dosa lagi dan berjuang melawan dosa dan berusaha hidup kudus dalam pimpinan Roh Kudus.

4. Saya berjanji akan senantiasa memuliakan Tuhan Allah dalam segenap hidup saya.

Pendeta : Saudara . . . . . . , Berbahagialah saudara yang telah bersedia menyatakan pertobatannya di hadapan Tuhan Allah. Percayalah akan janji Tuhan yang mengatakan demikian : “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (1 Yoh. 1:9).

v PELAYANAN BERKAT

(Pendeta meminta yang akan mengaku dosa untuk berlutut di tempat yang telah disediakan, lalu menumpangkan tangan di atas kepala yang bersangkutan).

“Tuhan Allah yang Maha Murah dan Maha Kasih telah berkenan menerima pertobatan saudara. Dialah yang akan menolong, menuntun dan menguatkan saudara dengan kuasa Roh Kudus”. Amin

v NASIHAT-NASIHAT

Saudara . . . . . . . . . . yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus.

Sebelum saudara menyatakan pertobatan saudara, pelanggaran saudara menjadi kesedihan seluruh Jemaat. Tetapi pertobatan saudara sungguh menggembirakan kami semua. Dengan pengakuan saudara tadi, nyatalah bahwa saudara telah didamaikan kembali dengan Tuhan Allah.

Atas nama segenap anggota dan Majelis GKSBS . . . . . . . . , saya turut bersukacita atas pertobatan saudara.

(Meminta orang yang sidi menghadap ke Jemaat)

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, terimalah saudara (saudara-saudara) kita ini dengan sukacita dan tangan terbuka agar tugas kita mewujudkan tanda-tanda Kerajaan Allah di tengah bangsa dan masyarakat kita menjadi makin nyata.

v DOA

Tidak ada komentar: