Kamis, 17 April 2008

TATA CARA PERESMIAN CALON JEMAAT

v PENDAHULUAN

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus,

Majelis Jemaat telah mewartakan selama tiga hari minggu berturut-turut, bahwa : untuk melaksanakan Misi Allah di dunia ini sebagaimana dinyatakan dalam Mukadimah Tata Gereja GKSBS butir 3 dan 4 dan Tata Laksana GKSBS Bab 1 Pasal 1 ayat 2, serta sesuai keputusan Sidang Majelis GKSBS . . . . tanggal . . . . . , akan dilaksanakan persmian CJ GKSBS . . . . . . . .

Karena GKSBS . . . . . .. Kelompok . . . . . . . . . . . . . telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Calon Jemaat dan telah mendapatkan persetujuan persemian dari Persidangan Klasis . . . . . . pada tanggal . . . . . . di GKSBS . . . . . ., maka hari ini, tanggal . . . . . . . GKSBS . . . . . . . . Kelompok . . . . . . . . . diresmikan menjadi Calon Jemaat GKSBS . . . . . . .

I. DASAR PERESMIAN

Tuhan Yesus Kristus selaku Kepala Gereja memerintahkan para muridNya, dan kini kepada GerejaNya, untuk memberitakan Injil sebagaimana dinyatakanNya: “Pergilah, jadikanlah sekalian bangsa muridKu dan jadikan saksiKu baik di Yerusalem, Yudea, Samaria sampai ke ujung bumi.” (Matius 28:19; Kis. 1:8). Selanjutnya Jemaat kristen dinasihati untuk melaksanakan pembangunan tubuh Kristus agar makin hari makin berkembanglah Jemaat Tuhan itu sampai pada tingkat kedewasaan penuh sehingga fungsi dan missi gereja dapat dikembangkan (Efesus 4:11-13).

I. PERESMIAN PANITIA CALON JEMAAT

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus,

Pada hari ini juga akan diteguhkan saudara-saudara yang telah dipilih dan disetujui dalam Sidang Majelis GKSBS . . . . . . untuk menjabat selaku Panitia Calon Jemaat GKSBS . . . . . . . . .

Ø TUGAS DAN KEWENANGAN PANITIA CJ :

Sebagaimana diatur dalam Tata Laksana GKSBS ayat 2 butir 5, Panitia Calon Jemaat adalah Badan Pembantu Majelis Jemaat yang mempunyai tugas dan kewenangan :

a. Melakukan pelawatan, pertemuan penggembalaan umum dan pembinaan kepada anggota.

b. Mengatur dan melaksanakan administrasi, keuangan dan kebaktian-kebaktian jemaat.

c. Membangun hubungan baik dengan masyarakat dan aparat pemerintah setempat.

d. Menyusun program kerja tahunan yang disahkan oleh Majelis Jemaatnya.

Ø PERTANYAAN DAN PERNYATAAN JANJI :

Pendeta : (Meminta saudara-saudara yang akan diteguhkan sebagai Panitia Calon Jemaat berdiri di depan Jemaat).

Agar jemaat mengetahui kesungguhan hati saudara, saya persilakan saudara menjawab pertanyaan berikut ini :

“Apakah saudara-saudara bersedia diteguhkan menjadi Panitia Calon Jemaat GKSBS . . . . . . . . ?”

Bagaimana jawab saudara : ………..

Jawab : Ya, dengan segenap hati saya!

Ø PENEGUHAN :

Pdt. : “Tuhan Allah Yang Mahakuasa, yang telah memanggil saudara-saudara untuk melaksanakan tugas selaku Panitia Calon Jemaat, menganugerahkan kasih karuniaNya kepada saudara-saudara, agar saudara-saudara dapat melaksanakan tugas ini dengan baik. Dalam nama Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus”. Amin!

Ø UCAPAN TERIMA KASIH & PENERIMAAN

Saudara-saudara Panitia Calon Jemaat,

Atas nama segenap anggota dan Majelis Jemaat GKSBS . . . . . . saya mengucapkan selamat kepada saudara semua.

Jemaat kekasih Tuhan Yesus Kristus, inilah panitia Calon Jemaat yang akan membantu persiapan kemandirian yang menjadi kerinduan bapak, ibu dan saudara sekalian. Terimalah dan bantulah mereka agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Ø DOA SYUKUR

Tidak ada komentar: