Kamis, 17 April 2008

TATA PELAYANAN PENEGUHAN PENATUA & DIAKEN

v PENDAHULUAN

Sudah diberitakan selama 3 hari Minggu berturut-turut dalam kebaktian jemaat, bahwa dalam kebaktian sekarang ini akan ada saudara (saudara-saudara) yang diteguhkan sebagai Penatua/Diaken. Yang akan diteguhkan sebagai Penatua yaitu . . . . . . .; yang akan diteguhkan sebagai Diaken yaitu . . . . . . . .

Oleh karena hingga sekarang tidak ada keberatan yang sah diajukan kepada Majelis Jemaat, maka saya atas nama Majelis Jemaat akan meneguhkan saudara (saudara-saudara) tersebut untuk memangku jabatan sebagai Penatua/Diaken.

v DASAR JABATAN PENATUA & DIAKEN

Tuhan Allah berkenan membangun Jemaat-Nya dari orang-orang yang sudah Ia kuduskan. Ia mengajar dan memelihara jemaat dengan Firman dan Roh Kudus; agar jemaat semakin dewasa dalam iman dan pengharapan. Ia berkenan menetapkan orang-orang untuk memangku jabatan sebagai pelayan khusus yaitu : Penatua, Diaken (Titus 1:5; 1 Tim. 3:1-13) dan Penatua yang mengajar, yaitu Pendeta (1 Tim. 3:2) yang mencerminkan jabatan Kristus sebagai raja, imam dan nabi. Para pelayan khusus ditetapkan untuk memperlengkapi anggota-anggota jemaat bagi pekerjaan pelayanan dan pembangunan tubuh Kristus (Efesus 4:12).

v Tugas pokok Penatua dan Diaken

Sesuai Tata Laksana Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS) ayat 16, tugas pokok Penatua dan Diaken sebagai berikut :

Tugas pokok Penatua yaitu:

  1. Bersama dengan Pendeta dan Diaken membina dan menggembalakan anggota Jemaat.
  2. Bersama dengan Pendeta memperhatikan dan menjaga pengajara yang berkembang dalam jemaat agar sesuai dengan Firman Tuhan dan ajaran Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS).

Tugas pokok Diaken yaitu :

  1. Bersama dengan Penatua dan Pendeta membina dan menggembalakan anggota jemaat.
  2. Merencanakan, mengatur, dan melaksanakan diakonia bagi anggota jemaat dan masyarakat lainnya.

Sekarang saudara (saudara-saudara) yang akan diteguhkan sebagai Penatua / Diaken saya persilahkan berdiri di depan Jemaat, yaitu saudara . . . . . . . . . . .

Supaya Jemaat mengetahui bahwa saudara (saudara-saudara) bersedia melaksanakan tugas sebagai Penatua / Diaken dengan setia dan sukacita, saudara saya persilahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

Apakah saudara bersedia diteguhkan menjadi Penatua/Diaken?

Bagaimana jawaban saudara . . . . . . . . . . . . . . . . . . ?

Jawab : Ya dengan segenap hati saya?

Sekarang saudara saya persilahkan mengucapkan janji kesediaan saudara.

v Janji Penatua/Diaken :

  1. Saya . . . . . . . . percaya bahwa Tuhan Allah melalui Jemaat-Nya di sini memanggil saya untuk memangku jabatan sebagai Penatua / Diaken.
  2. Saya bersedia melaksanakan tugas panggilan Tuhan dengan setia dan sukacita.
  3. Saya bersedia menjadi teladan bagi anggota Jemaat.
  4. Saya bersedia menerima dan melaksanakan Tata Gereja dan Tata Laksana Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS).
  5. Apabila perilaku, faham dan pengajaran saya bertentangan dengan Firman Tuhan dan menjadi batu sandungan bagi orang lain, saya bersedia ditegur dan menerima penggembalaan khusus.

v Peneguhan :

Saudara (saudara-saudara), atas dasar janji kesediaan yang telah saudara ucapkan tersebut saya akan meneguhkan saudara ke dalam jabatan sebagai Penatua / Diaken. Sekarang saya persilahkan saudara (saudara-saudara) untuk bertelut :

(Pendeta menumpangkan tangan dan mengucapkan berkat)

“Tuhan Allah yang telah memanggil saudara ke dalam jabatan sebagai Penatua/Diaken adalah Allah yang setia. Dialah yang akan memperlengkapi saudara dengan hikmat, kebijaksanaan dan kekuatan agar saudara dapat menjalankan tugas sebagai Penatua / Diaken dengan baik. Dalam kasih Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus”. Amin.

v UCAPAN SELAMAT :

(Saudara/saudara-saudara) saya persilahkan berdiri mengahadap jemaat :

Atas nama Majelis Jemaat GKSBS . . . . . . , saya ucapkan selamat atas peneguhan saudara (saudara-saudara) memangku jabatan sebagai Penatua/Diaken.

Jemaat yang kekasih, sambutlah dengan sukacita Penatua/Diaken yang baru ini dan bantulah mereka dalam melaksanakan tugas panggilanNya agar kehendak Tuhan berjalan dengan baik di jemaatNya di sini.

v Doa syukur

Tuhan Allah Yang Mahakasih, kami bersyukur kepada-Mu karena jemaat Engkau perlengkapi dengan saudara (saudara-saudara) yang berjabatan khusus untuk memimpin dan membina Jemaat agar bisa bertumbuh dan berkembang untuk pekerjaan pelayananMu. Karuniakanlah kebijaksanaan dan kekuatan, agar mereka mampu melaksanakan tugas pelayanannya dengan baik. Kami bersyukur dan mohon berkat dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: