Kamis, 17 April 2008

TATA PELAYANAN PENGAKUAN PERCAYA

v PENDAHULUAN

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus,

Sudah diberitakan selama 3 hari Minggu berturut-turut dalam kebaktian Jemaat, bahwa dalam kebaktian hari ini, hari . . . . . tanggal . . . . . . akan dilaksanakan pelayanan pengakuan percaya kepada saudara . . . . . . . . . .

Oleh karena hingga saat ini tidak ada keberatan yang sah diajukan kepada Majelis Jemaat, maka saya atas nama Majelis Jemaat GKSBS . . . . . . . . . akan meneguhkan pengakuan percaya saudara . . . . . .

v ARTI PENGAKUAN PERCAYA

Saudara (saudara-saudara) tersebut dulu telah menerima Sakramen Baptis Kudus Anak, yang merupakan meterai dan tanda perjanjian dari Tuhan sendiri yang menyatakan bahwa Tuhan telah berkenan menjadi Allah dan gembala bagi orang yang telah dibaptis dan orang yang bersangkutan menjadi umat dan domba gembalaanNya. Jadi pada dasarnya, pengakuan percaya adalah pengakuan bahwa baptisan yang diterimanya pada masa anak-anak adalah benar-benar meterai dan tanda perjanjian antara Tuhan dengannya. Dan atas bimbingan Roh Kudus, saudara (saudara-saudara) menyatakan pengakuan percayanya, sebagai bukti bahwa ia (mereka) telah menerima keselamatan anugerah Allah dan siap sedia untuk menerima hak dan tanggungjawab sebagai anggota gereja dewasa.

v PERTANYAAN DAN PERNYATAAN

Pendeta : (meminta saudara/saudara-saudara yang akan mengaku

percaya untuk berdiri di depan jemaat).

Agar jemaat mengetahui keyakinan dan kesungguhan hati saudara, saudara saya persilahkan menjawab pertanyaan berikut ini :

“Apakah saudara (saudara-saudara) sunggguh-sungguh hendak mengaku percaya di hadapan Tuhan dan JemaatNya dalam kebaktian saat ini?”

Bagaimana jawaban saudara __________?

Jawab : Ya, dengan segenap hati saya!

Pendeta : Saya persilakan saudara mengucapkan pernyataan dan janji saudara.

Jawab : (membacakan pernyataan dan janji)

Di hadapan Tuhan Allah dan JemaatNya di sini :

1. Saya percaya dan yakin bahwa baptisan yang saya terima pada masa anak-anak merupakan meterai perjanjian dari Tuhan Allah yang menyatakan bahwa dosa-dosa saya telah diampuni karena Tuhan telah berkenan menjadi Allah dan gembala saya.

2. Saya percaya bahwa Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Tuhan yang merupakan landasan hidup saya.

3. Saya berjanji akan senantiasa hidup bersyukur kepada Tuhan, berjuang melawan dosa dan berusaha hidup kudus dalam pimpinan Roh Kudus.

4. Saya berjanji baik bersama-sama maupun sendiri, mewujudkan persekutuan dan melaksanakan tugas pengutusan.

5. Apabila kehidupan saya bertentangan dengan Firman Tuhan dan menjadi batu sandungan bagi orang lain, saya bersedia ditegur oleh anggota dan menerima penggembalaan khusus dari Majelis Jemaat.

6. Dilanjutkan dengan mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli.

v PENEGUHAN SIDI [ Jemaat menyanyikan KJ. 361 : 1 ]

(Pendeta meminta yang akan sidi untuk berlutut di tempat yang telah disediakan, lalu menumpangkan tangan di atas kepala yang bersangkutan).

Pendeta : Saudara _________________, Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur (Kolose 2:7). Amin.

Atau,

Saudara ________________, Hendaklah engkau setia sampai mati dan Tuhan akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan, kekal selama-lamanya (Wahyu 2:10).Amin.

v DOA

v NASIHAT-NASIHAT

Saudara __________ yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus.

Atas nama segenap anggota dan Majelis GKSBS _________ , saya mengucapkan selamat atas pengakuan percayanya.

(Meminta orang yang sidi menghadap ke Jemaat)

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, terimalah saudara (saudara-saudara) kita ini dengan sukacita dan tangan terbuka agar tugas kita mewujudkan tanda-tanda Kerajaan Allah di tengah bangsa dan masyarakat kita menjadi makin nyata.

Tidak ada komentar: